Kegiatan Ilmiah Terstruktur Gigi Tiruan Implan (KIT-GTI)

Kegiatan Ilmiah Terstruktur Gigi Tiruan Implan (KIT-GTI)

Fakultas Kedokteran Gigi – Universitas Trisakti

KIT-GTI didirikan pada tahun 2006 dengan nama awal Studi Implan Dental (SID) FKG Universitas Trisakti di bawah bimbingan Prof. Dr. drg. Bambang S. Trenggono, M.Biomed selaku dekan saat itu. Pada awalnya, SID bertujuan untuk memperkaya ilmu pengetahuan di bidang implant dental bagi staff pengajar FKG Usakti. Namun seiring bertambahnya waktu, kini SID atau yang saat ini dikenal sebagai Kegiatan Ilmiah Terstruktur Gigi Tiruan Implan (KIT-GTI), telah diikuti oleh banyak dokter gigi umum dan magister yang merupakan alumni dari seluruh FKG di Indonesia. Hingga kini, KIT-GTI FKG Usakti telah memiliki alumni kurang lebih sebanyak 150 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada tiap angkatannya, KIT-GTI menerima maksimal 20 orang peserta dokter gigi yang sudah memiliki STR dan telah lolos ujian masuk KIT-GTI FKG Usakti. Saat ini, sedang berjalan angkatan ke-13 KIT-GTI FKG Usakti, yang terdiri dari 18 orang peserta dokter gigi umum dan magister.

Waktu masa studi KIT-GTI FKG Usakti adalah 1 tahun, yang terdiri dari 6 bulan kuliah teori dan 6 bulan mengerjakan tahapan pekerjaan pada pasien, yaitu pemasangan single implan posterior pada pasien. Para pengajar KIT Implan FKG Usakti terdiri dari berbagai disiplin ilmu, seperti bedah mulut, periodonsia, prostodonsia, biologi oral, dental material, radiologi, etika kedokteran gigi, dan masih banyak lagi. Peserta juga akan mendapat kesempatan untuk belajar menulis laporan kasus yang dikerjakan pada pasien untuk nantinya akan dipublikasi. Pengerjaan tahapan pekerjaan pada pasien, peserta KIT-GTI FKG Usakti akan didampingi oleh para instruktur yang telah berpengalaman di bidang implan dental.

Pembukaan pendaftaran untuk peserta KIT-GTI FKG Usakti angkatan ke-14 akan dimulai pada bulan Januari – Februari 2022. Adapun studi akan dimulai pada bulan Februari 2022. Kegiatan perkuliahan teori diadakan dalam 2 hari setiap bulannya. Setelah kegiatan teori selesai, peserta akan memulai tahapan pemasangan implant pada pasien yang telah peserta datangkan.

Untuk informasi pendaftaran, kegiatan, dan biaya perkuliahan dapat menghubungi sekertariat KIT-GTI FKG Usakti melalui whatsapp di nomor 081514433649 (drg. Bianda Claresta) atau melalui email di sid.fkgtrisakti@gmail.com