Pusat Studi Bahan Alam

Pusat Studi Bahan Alam

SK Pendirian Pusat Studi
114/SK/Dek/FKG/VI/2020

Pusat Studi Bahan Alam FKG Universitas Trisakti berdiri sejak 2017. Pusat studi ini menjadi fasilitator penelitian di bidang bahan alam yang kemudian dihubungkan dengan bidang kedokteran gigi

Bidang Kajian
1. Ekstraksi bahan alam dengan berbagai teknik dan pelarut
2. Fraksinasi bahan alam dengan berbagai teknik fraksinasi
3. Kajian Fitokimia bahan alam
4. Kajian bahan alam untuk perlakuan ke berbagai sel dan jaringan baik di dalam maupun di luar rongga mulut

Visi
Menjadi Pusat Studi Bahan Alam di bidang kedokteran gigi yang dapat diandalkan dan terkemuka di Indonesia, berstandar internasional dengan memperhatikan kearifan lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kedokteran gigi untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan secara berkesinambungan

Misi

  1. Menuju Pusat Studi Bahan Alam berstandar Internasional yang mampu bersaing di dalam forum internasional serta berkarakter Trikrama Universitas Trisakti.
  2. Meningkatkan budaya meneliti dalam bidang pemanfatan bahan alam di lingkup fakultas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, etika serta menghasilkan publikasi ilmiah inovatif di bidang kesehatan gigi dan mulut yang berbasis pada kemajuan teknologi terkini dan kearifan lokal.
  3. Meningkatkan dan memperluas peran serta FKG Usakti dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di bidang kedokteran gigi dengan mengembangkan kerja sama dengan instansi terkait melalui penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Fungsi Pusat Studi
1. Pendidikan

Menjadi sarana dan fasilitator pendidikan dalam bidang bahan alam, serta ilmu pengetahuan dengan bersandar pada pemahaman dan kearifan lokal yang dibingkai dalam seni dan budaya sebagai bagian dalam menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya

2. Penelitian

Meningkatkan budaya meneliti dalam bidang pemanfaatn bahan alam di lingkup fakultas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, etika serta menghasilkan publikasi ilmiah inovatif di bidang kesehatan gigi dan mulut yang berbasis pada kemajuan teknologi terkini dan kearifan lokal.

3. Pengabdian kepada Masyarakat

Meningkatkan dan memperluas peran serta FKG Usakti dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di bidang kedokteran gigi dengan mengembangkan kerja sama dengan instansi terkait melalui penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Struktur Organisasi

Ketua : drg. M. Orliando Roeslan, MKes, PhD.

Sekrataris : Pretty Trisfilha, M.Biomed