DRPMF

DRPMF

Dewan Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas(DRPMF)

Dewan  Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas (DRPMF) FKG Usakti bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dan kinerja dosen di dalam dharma Penelitian dan dharma Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). DRPMF bersama-sama dengan Program Studi menyelenggarakan Penelitian serta PkM yang berbasis riset dan mengimplementasikan hasilnya di dalam mata kuliah/modul.

 

Susunan Struktur Organisasi
Dewan Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti
Periode Tahun 2020 – 2022

Ketua : drg. Wiwiek Poedjiastoeti, M.Kes., Sp.BM., PhD
Wakil Ketua/Ketua Pelaksana Harian : Prof. drg. Rahmi Amtha. Sp.PM., Ph.D
Sekretaris : Dr. Komariah S.Si., M.Biomed
Koord. Bidang Penelitian : Dr. Komariah S.Si., M.Biomed
Anggota :
  1. Dr. drg. Johan Arief, Sp.Ort
  2. Dr. drg. Armelia Sari, MKes
  3. Dr. drg. Eko Fibriyanto, Sp.KG(K)
Koord. Bidang PKM : drg. Sri Lestari, MKes
Anggota :
  1. drg. Rizki Tanjung, MSi
  2. drg. Annisaa Putri Ariyani, MM, MKG

 

Bidang Penelitian

     Pelaksanaan penelitian di lingkup Universitas Trisakti telah mengacu pada Pedoman Penelitian yang telah tersedia sebagai upaya pencapaian hasil penelitian yang memberikan nilai keunggulan baik secara kualitas maupun kuantitas. Pedoman Penelitian yang diterbitkan berdasarkan  Keputusan Rektor Universitas Trisakti Nomor 125/USAKTI/SKR/V/2010. Pelaksanaan proses penelitian mencakup:
  1. Penilaian usulan penelitian oleh DRPMF di tingkat fakultas
  2. Persetujuan terhadap usulan penelitian di tingkat fakultas dan universitass.
  3. Penerbitan surat tugas penelitian oleh Dekan
  4. Monitoring dan evaluasi kemajuan penelitian oleh DRPMF
  5. Pelaporan hasil penelitian ke fakultas dan universitas. Semua proses telah terdokumentasi tetapi dokumentasi tersebar di tingkat fakultas dan universitas dalam bentuk hardcopy. Dokumentasi laporan penelitian juga dalam bentuk softcopy (CD dan email).
     Setiap akhir tahun akademik setiap peneliti diwajibkan membuat laporan penelitian yang memuat hasil penelitian sesuai dengan proposal penelitian yang diajukan. Hasil penelitian disampaikan kepada DRPMF sebagai pelaksana harian pengelolaan penelitian di tingkat Fakultas. DRPMF akan memeriksa kelengkapan dan kecukupan laporan penelitian, dan selanjutnya DRPMF menyampaikan Laporan Penelitian kepada Pimpinan Perguruan Tinggi melalui Lembaga Penelitian Universitas Trisakti sebagai pengelola penelitian di tingkat Universitas. Laporan hasil penelitian dalam bentuk hardcopy tersebut didokumentasikan oleh Lembaga Penelitian. Laporan penelitian yang mendapat dukungan dana dari luar Universitas Trisakti, misalnya dana hibah penelitian dari Kemenristekdikti dilaporkan secara daring (online) oleh masing-masing ketua peneliti pada waktu yang telah ditentukan.
Penelitian yang melibatkan mahasiswa akan memiliki konektifitas dengan keperluan dosen, Pusat Studi dan Laboratorium Penelitian di FKG Usakti. Jika budaya ini terbentuk, nantinya diharapkan penelitian mahasiswa yang biasanya sulit, melelahkan, dan memerlukan banyak biaya dapat lebih mudah dilakukan karena merupakan bagian dari riset dosen. Hasil penelitian mahasiswa bukan hanya semata-mata untuk keperluan skripsi/tesis namun memiliki kontribusi sebagai penelitian dosen dan Program Studi. Untuk meningkatkan luaran hasil karya ilmiah dalam jurnal, FKG Usakti memiliki 2 jurnal online yaitu Jurnal Kedokteran Gigi Terpadu  (JKGT) bertaraf  nasional dan Scientific Dental Jurnal yang terakreditasi Sinta 2, DOAJ dan berstandar Internasional.

Tugas dan Fungsi DRPMF FKG Usakti  dalam Bidang Penelitian:

  1. Merancang pelatihan penelitian bagi dosen minimal setahun sekali dalam bentuk Lokakarya Penelitian.
  2. Menyusun Peta Jalan (Road Map) Penelitian FKG Usakti.
  3. Mengarahkan agar setiap DTPS (Dosen Tetap Program Studi)  memiliki road map yang memayungi tema penelitian dosen dan mahasiswa serta pengembangan keilmuan Program Studi.
  4. Melakukan evaluasi kesesuaian penelitian dosen dan mahasiswa terhadap road map.
    1. Dosen, dan mahasiswa bersama-sama  merancang dan menyusun proposal penelitian berdasarkan bidang ilmu yang disesuaikan dengan format proposal yang telah ditetapkan
    2. Pada tahapan perencanaan penelitian,  dosen, dan mahasiswa  harus memahami kriteria penelitian yang berkualitas, memiliki manfaat, kebaruan, memenuhi kaidah dan metode ilmiah, rancangan riset yang baik, dan memiliki standar etis.
  5. Menggunakan hasil evaluasi untuk perbaikan relevansi penelitian dan pengembangan keilmuan Program Studi.
    1. Penelitian dilaksanakan sesuai dengan bidang keahlian pada Program Studi.
    2. Penelitian dilaksanakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa.
Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)
     Di tingkat universitas, secara rutin  Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (Lemdimas Usakti) melakukan pelatihan Metodologi PkM untuk dosen. Selain itu  Lemdimas Usakti melaksanakan kegiatan Kuliah Usaha Mandiri Ilmu dan Teknologi Terapan (KUM ITT) yang terintegrasi dengan kurikulum.  Di tingkat fakultas, DRPMF FKG Usakti bersama-sama dengan Program Studi menyelenggarakan PkM yang berbasis riset dan mengimplementasikan hasilnya di dalam mata kuliah/modul. Berdasarkan Standar Mutu PkM FKG Usakti, maka setiap kegiatan PkM, harus mencakup: perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan pelaporan PkM. Data kinerja PkM didokumentasikan pada Laporan Tahunan Program Studi dan Laporan Tahunan Fakultas. Isi dari laporan PkM adalah sebagai berikut: Ringkasan Kegiatan (Abstrak), Kata Pengantar, Latar Belakang, Masalah, Tujuan, Manfaat, Model Pemecahan Masalah, Khalayak Sasaran, Pelaksanaan, Isi Kegiatan, Analisis, Luaran, Kesimpulan dan Saran, Dokumen Pendukung, Lampiran. Pelaporan PkM di FKG Usakti dilakukan oleh tiap pelaksana PkM pada akhir kegiatan PkM, dan laporan PkM ini diserahkan pada Fakultas dan Lemdimas. Pelaksanaan PkM selalu melibatkan dosen dan mahasiswa.

Pimpinan FKG Usakti bersama Ka Prodi memfasilitasi setiap dosennya untuk melaksanakan dharma PkM. Luaran dari PkM  dapat berbentuk publikasi ilmiah di dalam jurnal PkM, penelitian, dan perolehan HaKI. Hasil karya DTPS yang memperoleh HaKI adalah: video penyuluhan, sinematografi penyuluhan, karya tulis penyuluhan dan produk yang berguna bagi masyarakat.