Visi Misi

Visi Misi

Nilai Luhur, Visi dan Misi

Nilai Luhur FKG Usakti
Nilai-nilai luhur sebagai pandangan hidup merupakan pijakan dasar yang menjadi nilai-nilai bersama dari warga FKG Usakti. Melalui nilai-nilai ini FKG Usakti  meyakini sebagai sebuah nilai yang harus dijunjung secara bersama dalam hidup keseharian baik secara pribadi maupun dalam semangat organissi yang lebih besar. Nilai ini akan menjadi komitmen bersama dan menjadi jiwa dari tata pergaulan bagi sivitas akademika dalam memperjuangkan VMTS yang ada. Nilai-nilai luhur perlu dihayati dan di junjung tinggi civitas akademika dan tenaga kependidikan, serta diamalkan sesuai kemanusiaan berdasarkan Trikrama Universitas Trisakti yang terdiri atas :

  1. Takwa, Tekun, Terampil, adalah representasi dari diri masing- masing SDM (civitas akademika dan tenaga kependidikan) FKG Usakti.
  2. Asah, Asih, Asuh, adalah sikap antar SDM di lingkup FKG Usakti.
  3. Satria, Setia, Sportif, adalah sikap SDM FKG Usakti  dengan masyarakat di luar FKG Usakti .

Visi FKG Usakti
Mengacu pada Visi Universitas Trisakti, Visi FKG Usakti  adalah: Menjadi Fakultas Kedokteran Gigi yang andal dan terkemuka di Indonesia, berstandar internasional, dengan memperhatikan kearifan lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni-budaya di bidang kedokteran gigi, untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan secara berkesinambungan”

Rumusan visi tersebut mengandung  empat hal utama yang hendak dicapai yaitu: andal dan terkemukaberstandar internasional,  serta untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan secara berkesinambungan.

  1. Andal dan Terkemuka yang dimaksud adalah  dapat dipercaya disertai dengan tercapainya pengakuan nasional maupun internasional terhadap pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di FKG Usakti.
  2. Berstandar internasional pada visi mengandung makna bahwa kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di FKG Usakti ditujukan untuk mengembangkan daya saing bangsa dengan menyelenggarakan perguruan tinggi yang memenuhi kualifikasi standar internasional.
  3. Kearifan lokal pada visi mengandung makna  sebagai jiwa dalam kehidupan sosial-budaya  masyarakat lokal yang bersandar pada filosofi nilai-nilai, norma dan etika, cara-cara dan perilaku yang melembaga secara tradisional. FKG Usakti perlu memperhatikan bahwa ide dan gagasan setempat dapat dipadukan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh fakultas untuk kemudian diterapkan
  4. Kualitas hidup dan kesehatan secara berkesinambungan yang terkandung dalam visi mengandung makna bahwa tujuan akhir dari penyelenggaraan pendidikan tinggi di FKG Usakti adalah mengembalikan hasil proses kegiatan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat, yakni terciptanya kualitas hidup bangsa Indonesia yang semakin meningkat dan secara terus menerus mengupayakan kesehatan masyarakat yang dinamis.

Visi  menunjukkan bahwa FKG Usakti  sebagai institusi pendidikan bercita-cita memajukan bangsa melalui pendidikan, dengan  mengedepankan  ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bersandar pada pemahaman dan kearifan lokal yang dibingkai dalam seni dan budaya sebagai bagian dalam menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya. Permasalahan kearifan lokal telah menjadi isu nasional akan pentingnya mempertahankan ke-Indonesian-an di tengah perubahan secara global. Visi FKG Usakti menggambarkan sebuah pencapaian masa depan yang jelas dan konkrit, tidak hanya dalam lingkup Indonesia, tetapi juga dalam lingkup dunia.

Misi FKG Usakti
Misi FKG Usakti  adalah tindak lanjut dari Visi, yang di jabarkan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional untuk menghasilkan sumber daya manusia di bidang kedokteran gigi yang memiliki ilmu pengetahuan dan kompetensi,beretika, berbudi luhur, memiliki kepekaan sosial, mampu bekerja sama, berkomunikasi dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang adil, arif, menghormati kemajemukan bangsa, mampu bersaing di dalam forum internasional serta berkarakter Trikrama Universitas Trisakti.
  2. Meningkatkan budaya meneliti di lingkup fakultas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni-budaya, etika serta menghasilkan publikasi ilmiah inovatif di bidang kesehatan gigi dan mulut yang berbasis pada kemajuan teknologi terkini dan kearifan lokal.
  3. Meningkatkan dan memperluas peran serta FKG Usakti dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di bidang kedokteran gigi dengan mengembangkan kerja sama  dengan instansi terkait melalui penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan FKG Usakti, menghasilkan Lulusan yang:

  1. Kompeten, berkualitas, profesional, berstandar internasional dan beretika untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan gigi, yang mempunyai keunggulan dalam IPTEKDOKGI terkini dan tepat guna.
  2. Mampu menghasilkan karya ilmiah inovatif dan berteknologi terkini di bidang kedokteran gigi yang berorientasi pada pemecahan masalah masyarakat dan dipublikasi secara nasional maupun  internasional
  3. Mampu melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat yang berbasis riset untuk menghasilkan model teknologi tepat guna serta mengembangkan teknologi kedokteran gigi pencegahan berbasis pada kearifan lokal yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Memiliki soft skill melalui pembinaan rohani, bakat, minat, kepemimpinan dan etika sehingga membentuk sikap profesional dan humanis.
  5. Mempunyai kemampuan manajemen organisasi yang demokratis, transparan, akuntabel, efisien, efektif serta mampu melakukan proses evaluasi diri.
  6. Memiliki kualifikasi dan kompetensi sebagai   pendidik yang berkomitmen belajar sepanjang hayat, peka sosial, menghargai keanekaragaman budaya atau sosial kultural masyarakat, pandangan, agama, dan kepercayaan serta taat hukum.
  7. Berjiwa wirausaha dan memelihara jejaring dengan asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat.