Pusat Studi Material dan Bioteknologi

Pusat Studi Material dan Bioteknologi

SK Pendirian Pusat Studi
114/SK/Dek/FKG/VI/2020

Pusat Studi Material dan Bioteknologi Kedokteran Gigi FKG Usakti berdiri sejak tahun 2017. Pusat Studi ini menjadi fasilitator penelitian dalam bidang material dan tehnologi di bidang kedokteran gigi.

Bidang kajian

  1. Material Restorasi dan Rehabilitasi : resin komposit, porselen, resin akrilik, semen kedokteran gigi.
  2. Material Laboratorium : metal, produk gipsum, bahan cetak.
  3. Material Alam
  4. Material Nano
  5. Biomaterial

Visi:
Menjadi Pusat Studi dan Bioteknologi Kedokteran Gigi yang andal dan terkemuka di Indonesia, berstandar internasional, dengan memperhatikan kearifan eseh dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni-budaya di bidang kedokteran gigi, untuk meningkatkan kualitas hidup dan esehatan secara berkesinambungan.

Misi:

  1. Menuju Pusat Studi Material dan Bioteknologi berstandar Internasional yang mampu bersaing di dalam forum internasional serta berkarakter Trikrama Universitas Trisakti.
  2. Meningkatkan budaya meneliti dalam bidang material dan bioteknologi di lingkup fakultas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, etika serta menghasilkan publikasi ilmiah inovatif di bidang kesehatan gigi dan mulut yang berbasis pada kemajuan teknologi terkini dan kearifan lokal.
  3. Meningkatkan dan memperluas peran serta FKG Usakti dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di bidang kedokteran gigi dengan mengembangkan kerja sama  dengan instansi terkait melalui penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Fungsi Pusat Studi
1. Pendidikan

Menjadi sarana dan fasilitator pendidikan dalam bidang material dan bioteknologi, serta ilmu pengetahuan dengan bersandar pada pemahaman dan  kearifan lokal yang dibingkai dalam seni dan budaya sebagai bagian dalam menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya

2. Penelitian

Meningkatkan budaya meneliti dalam bidang material dan bioteknologi di lingkup fakultas untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, etika serta menghasilkan publikasi ilmiah inovatif di bidang kesehatan gigi dan mulut yang berbasis pada kemajuan teknologi terkini dan kearifan lokal.

3. Pengabdian kepada Masyarakat

Meningkatkan dan memperluas peran serta FKG Usakti dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan industri di bidang kedokteran gigi dengan mengembangkan kerja sama  dengan instansi terkait melalui penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Struktur Organisasi

Ketua : drg. Rosalina Tjandrawinata, MSi., Ph.D.

Sekrataris : drg. Niko Falatehan, SpPros

 

 

Kegiatan penelitian:
Pengaruh Durasi Perendaman Minuman Beralkohol Red Wine Terhadap Kekasaran Permukaan Resin Akrilik Heat Cured

Waktu Kegiatan : Maret 2020 – Februari 2021
Tempat Kegiatan : FKG Usakti
Laboratorium Kegiatan : DMT Core dan Lab Multiguna lantai 4
Kategori Kegiatan : Penelitian
Ketua dan Anggota Tim Kegiatan :
drg. Yayuk Yuliarsi, MS dan Yoshida Karana

Pengaruh Red Wine terhadap Perubahan Warna Bahan Mahkota Sementara Polymethyl methacrylate

Waktu Kegiatan : Maret 2020 – Februari 2021
Tempat Kegiatan : FKG Usakti
Laboratorium Kegiatan : DMT Core dan Lab Multiguna lantai 4
Kategori Kegiatan : Penelitian
Ketua dan Anggota Tim Kegiatan :
Prof. Dr. drg. Suzan Elias, Sp.Pros dan Rahmadisya Putri Hapsari